Prof H A N R Y

Assalamualaikum Wr Wb

Prof H A N R Y

SELAMAT DATANG DIBLOG KAMI Hub. Kami Di Nomer 088217100983 bila tertarik dengan apa yang kami tampilkan

Minggu, 19 Februari 2012

Modifikasi amplifier 150 watt

Modifikasi amplifier 150 watt

''lanjutan Cara Modifikasi Amplifier OCL 150 watt''
Menjawab banyak pertanyaan kali ini zemulyon membahas dengan detail bagaimana cara modifikasi amplifier supaya suara tidak kehilangan tenaga (santak tidak loyo) dan bass bisa nendang… (cara jawa nya, cara mengatasi amplifier mboten jemblegur) nah kali ini zemul akan membahas sekaligus cara mengatasi nois (suara berdesis) yang sangat menganggu, bila beli (kit get nois) atau prosesor peredam nois cukup sangat mahal maka jalan keluar-nya kita modifikasi untuk memdapatkan hasil suara jernig santak bass terbaca dan hasil yang sangat baik. Modifikasi jenis ini sudah bejalan lama sudah beberapa tahun yang lalu, dan ada yang bilang langka 'artinya belum ditemukan ditempat kursus-kursus lainnya.  nah semoga dapat mengobati rasa penasaran dan sekaligus bermanfaat..

Rangkaian kit dipasaran selalu kurang baik hasil nya kenapa? karena desain rangkaian dibikin bercatu daya kecil artinya disesuaikan kebutuhan sang perakit, resistor nya sudah dirubah dan rata-rata rangkaian-nya diberi catu daya bertegangan kecil sudah bunyi, makanya kalau buat audoor akan terjadi masalah yaitu pecah-pecah dan hasil-nya tidak baik. Nah karena itu sering dilakukan modifikasi bahkan yang untuk rumah (amplifier buat ruangan) saja dimodifikasi hingga membuat pcb sendiri untuk memperoleh hasil yang lebih baik..
Perhatikn bagaimana cara zemulyon modifikasi, jenis amplifier ocl 150watt ini pasti ada satu resistor yang sangat panas sekali yaitu 10k, karena itu mudah rusak maka kita dapat menganti dengan 2watt (10k 2watt). karena zemul merasa R ini tidak nyaman maka R ini zemul lepas dengan modifikasi dan melepas juga transistor 2sa564 kita lepas satu dan kita gunakan 2 transistor 2sa564 ini sebagi osilator. Komponen dibagian osilator yang tidak  dipakai diantara-nya 30k dekat input, kenapa zemul lepas? Karena input biar mau mengumsumsi sinyal yang besar, (basa jawa-nya supaya input mboten mutah/mlukok). Nah kita sudah melepas 30k dan 10k resistor yang sangat panas tadi serta satu transistor 2sa564, selanjutnya bagian emitor 2sa564 kita jemper dengan R10k dan 6k8 dan dioda zener 24v kegrond, dioda zener kita supply 3k3 ke vcc+ dc.

Mengatasi nois (berdesis yang sangat memganggu) itu zemulyon sering menemui ada kebocoran pada dioda zener dan putus nya resistor 10k. bila R 10k putus maka terjadi R 6k8 akan nilai-nya menjadi mengecil maka terjadi suara pecah-pecah bila (volume besar). Hal ini amplifier bunyi tapi tidak normal dan ahirnya tribel tidak jernih dan bass tidak nendang.. bass tidak nendang itu biasanya R bagian emitor transistor tip41/tip42 mengecil nilainya walau pun Cuma satu R saja yang mengecil akan berpengaruh pada bagian bass. Bersambung  Lanjut ke topik bass nendang… itulah bagi para pemula akan kesulitan melacak komponen mana yang rusak. Apalagi kerusakan disertai grok-grok dan ganguan lain yang secaratiba-tiba dan berulang.. ya mudah-mudahan zemulyon ada waktu untuk membahas panduan reparasi ganguan amplifier

Bagian osilator kita kupas sampai paham betul, bagaimana zemul memasang trimpot kebagian osilator untuk ejass biar suara santak tidak kehilangan tenaga… nah ini yang ditungu-tungu rekan-rekan, disini trimpot ejass ada 2 yaitu bagian osilator dan bagian penguat venel.

A. bagian trimpot pada osilator untuk meningkatkan suara biar tidak kehilangan tenaga
B. bagian trimpot pada penguat venel untuk meningkatkan sinyal pada basis venel

Amplifier sekecil apapun dapat diperbesar daya watt-nya, tentu-nya harus ada komponen-komponen yang mendukung dan memenui kebutuan-nya.  modifikasi zemulyon merubah komponen disitu pembangkit daya watt-nya yang dirahasiakan pada resistor tertentu oleh provesor-nya, maka itu harus modifikasi supaya memperoleh daya watt yang di inginkan. hati-hati memodifikasi resistor kalau tidak tepat bisa tambah parah saat digeber. Dengan Modifikasi dengan tujuan mengurangi cacat sinyal pada amplifier tersabut supaya tidak nampak. Cacat sinyal (distorsi) pada amplifier daya watt kecil tidak begitu nampak tapi kalau amplifier daya watt besar akan terlihat nampak sekali. Cacat sinyal bisa diatasi dengan (kit distributor) tapi harga-nya cukup sangat mahal.. Adapun bentuk trimpot Coba lihat gambar trimpot bagian osilator dibawah ini
Trimpot ini hasil modifikasi bisa diejass dari atas pakai obeng+ dan sesuaikan menurut keinginan. Missal nya bass agak lari atau kalem. Perhatikan disitu R100k tetap pada aslinya dan 100n diganti dengan ellko biar bass rendah bisa lolos terdeteksi dangan baik.
Nah itu langkah-langkah modifikasi bagian osilator… dan bagaimana modifikasi penguat bagian driver? nah ini lah zemulyon kupas dan akan membeberkan sampai venel ahir.
Bagian penguat venel ahir resistor-nya mudah sekali terbakar maka hal ini zemul menyarankan pakai R2watt biar lebih aman dan tidak mudah terbakar. Biasa-nya R yang mudah terbakar yaitu bagian emitor ke output speaker Bernilai 300R dan resistor yang menuju ke basis BD139 dan BD140. perubahan driver pada penguat venel dimulai menganti D438 kita ganti TIP41C dan R 1k menjadi 4k7 dan  bagian emitor kita tahan kasih Resistor 330R biar tidak terlalu lari. Lalu BD139 kita ganti TIP41C dan bagian basis-nya kita tahan 330R kalau mau lebih hasil yang kalem. Selanjut-nya bagian BD140 kita ganti TIP42C bagian basis nya kasih resistor 330R, lalu dioda IN4148 bisa diganti IN4007 dijemper ke 10k dan 330R tadi. Lalu emitor output resistor 300R x2 kita lepas dan di ganti resistor 330R di jemper emitor TIP41C ke emitor TIP42C.. dan selanjut-nya lebih jelasnya lihat skema . lalu bagaimana bagian trimpot untuk menaikan daya watt-nya? Nah zemul lanjutkan bagian trimpot nya, lepas dulu 100R  pada basis dan 2 resistor 100R pada vcc jemper pake kawat/kabel. Coba Lihat gambar trimpot dan pemasangan-nya
Hati-hati adjust trimpot
Perhatikan! bila trimpot putus alias tidak bekerja maka R bagian basis pendorong venel akan terbakar! Trimpot dapat kita ejas menurut kebutuhan venel mau pakai 4sanken hinga 8, lalu ditrim diejas sampai panas. Perhatikan Pengetriman trimpor venel keadaan input tidak di aliri sinyal audio. Bila panas nya setabil baru kita coba input kita aliri sinyal audio dan kita bukak/open volume potensio pelan-pelan hingga sampai50% lalu kita ejas trimpot bagian osilator-nya sampai suara bagian ketipung kendang bisa nyaring dan jernih. Dan bass sangat terdekteksi nendang anda pun bisa senyum-senyum hehe.., Bisa pakai setreo lebih mantep hasilnya. tapi klau diBTL ini disediakan 20amper dan sangat berbahaya maka zemulyon menganjurkan pakai mono atau stereo saja sudah baik untuk outdoor maupun ruangan dalam rumah. kalau jenis blazer tetap aman-aman saja mau dikasih 10amper hingga 20amper dll..
Sanken usahakan jangan mitasi alias palsu atau kita cari yang bertegangan paling kecil sekitar 70v dc, pemasangan kabel harus yang besar sehingga tidak mudah lepas karena pada saat on amplifier ini panas sekali meskipun dikasih kipas/fan. Sanken bisa pakai 2sa1216/2sc2922 bercatu daya 180v output 200watt ini sangat baik. ada yang 2sa1494/2sc3858 ini catu daya nya sampai 200v maka dibutuhkan trafo yang besar
Filter bagian output speaker disini pake lilitan 18L
Bagian trafo kita sediakan 10amper minimal dan tegangan 40v ac maksimal
Lihat gambar

Catatan Jenis modifikasi ini sudah pernah untuk konser dangdut di tepi pantai sangat lumayan. dan membran speaker akan putus melingkar tapi spull speaker tidak terbakar, Ini jelas amplifier ini sangat kencang sekali dan sangat santak sehingga membuat membran speaker putus melingkar.. maka sekira-nya sudah terdengar baik seharus-nya kita lihat gerak speaker nya. Bila sudah terlalu kencang sekali sebaiknya jangan menambah volume, (hal ini kusus audoor). Telah diuji pake speaker audax acr black magic 15/18inc dan audio.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar